4 Drama Korea Favorit yang Tidak Cukup Ditonton Sekali

11/11/2023

4 Drama Korea Favorit yang Tidak Cukup Ditonton Sekali

Drama korea memang sudah menjadi salah satu tontonan yang banyak digemari di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Mungkin hampir semua usia suka menonton drama korea, alasannya pun bervariasi mulai dari alur cerita, pemerannya, hingga sinematografi dan original soundtracknya. Ada banyak alasan orang-orang begitu menyenangi K-drama.

Saya salah satu yang telah jatuh pada perangkap per-drakoran. Sejak kecil, sejak zaman Endless Love tayang di televisi Ikan terbang, sejak zaman Bae yong jun, hingga sekarang saya masih menggandrungi drama korea. Bisa ditebak kan rentang usianya berapa? Hehehehe

Sejak awal memulai jalan ninja ini, sudah banyak drama korea yang sudah saya tonton. Mulai dari yang sangat bagus hingga yang menyelesaikan episodenya pun enggan. Biasanya lebih karena ceritanya yang tidak menarik sih atau aktris-aktornya yang kurang ‘ngegigit’. Seringkali saya menonton drama dengan pemeran yang terkenal dan tema ceritanya yang sebenarnya bagus tapi karena alur cerita atau chemistry pemainnya tidak bagus, saya biasanya tidak ingin melanjutkan menonton apalagi menonton hingga dua kali atau lebih. 

Drama Korea favorit tidak selalu menjadi drama yang ingin kita tonton berkali-kali, tapi 4 K-Drama ini bisa jadi referensi bagi  yang ingin rewatch tanpa bosan. Jadi review ini berisi tentang Drama korea favorit versi saya yang saya tonton lebih dari sekali. Tentunya akan berbeda dengan selera orang lain. Lalu, tidak saya tonton lebih dari sekali juga belum berarti drama itu tidak bagus atau tidak favorit ya, lagi-lagi ini hanya tentang pendapat pribadi.

Drama korea favorit yang wajib rewatch

1. Hospital Playlist 

Hospital Playlist gif

Drama ini merupakan drama dengan tema kedokteran yang dibalut dengan ‘ke-absurdan’ dan komedi para pemainnya. Setiap menonton drama ini, sering kali membuat saya bertanya-tanya, apakah di kehidupan nyata seorang dokter hal ini bisa terjadi? Kehidupan mereka begitu ‘sempurna’. Seorang dokter dengan tugas yang sangat padat, cemerlang di setiap tugasnya, bahkan masih sempat bermain musik dengan begitu apik, walaupun mereka tetap punya masalah pribadi masing-masing ya. Tapi tetap, mereka terlalu sempurna menurutku, hahaha namanya juga drama.  

Drama korea ini bercerita tentang kelima profesor yang sudah menjalin persahabatan selama kurang lebih 20 tahun sejak saat mereka bersekolah kedokteran. Dan sekarang kelima sahabat ini bekerja di rumah sakit bernama Yulje Medical Center. Kisah drama ini berpusat pada kehidupan atau slice of life mereka sebagai dokter dan kehidupan pribadi masing-masing.

Drama ini dibuat dengan persiapan yang sangat matang menurutku, terutama hal yang berkaitan dengan kedokteran, sampai teman saya yang dokter pun juga mengatakan bahwa apa yang disajikan di drama tersebut, in real life juga seperti itu. Para pemainnya pun begitu menguasai peran mereka.

Kenapa drama ini layak ditonton lebih dari sekali?

Ada banyak kisah yang diceritakan dalam drama ini, tidak hanya kisah para pemeran utamanya, tetapi juga kisah dari tenaga medis yang lain hingga kisah pasien. Ada banyak pelajaran tentang kehidupan yang bisa kita petik dari drama ini. Bagi kalian yang mahasiswa kedokteran, drama ini juga bisa sedikit banyak membantu kalian untuk belajar bagaimana kehidupan di rumah sakit.

Hospital Playlist gif

 

Kisah persahabatan mereka pun tidak kalah menggemaskannya, walau ada kisah-kisah cinta kecil di antara mereka, hal ini tidak mengganggu hubungan persahabatan mereka. Layaknya manusia in real life, ada masa kita memilih untuk maju, ada masa memilih untuk menahan, hingga masa di mana kita memilih mundur teratur dari arena.

Dan tentunya, hal yang paling ditunggu-tunggu adalah sesi akhir dari setiap episode di mana mereka bermain musik bersama sebagai bentuk quality time, rehat sejenak dari dunia profesi yang begitu memumetkan kepala.

Lalu apa yang kurang dari drama ini?

Entahlah, hingga saat menulis ini, saya belum menemukan kurangnya. Ceritanya lebih ke drama slice of life tanpa pemeran antagonis. Tidak semua drama butuh peran antagonis, bukan? 

2. Prison Playbook 

Prison Playbook gif

Pertama kali nonton drama ini cuma iseng lihat di TVN, karena tidak ada drama lain yang begitu menarik akhirnya memilih menonton ini. Hanya karena ada nama Jung Hae-In di dalamnya, hehehe. Prison Playbook atau Wise Prison Life bercerita tentang tokoh utama Kim Je Hyuk, seorang atlet baseball nasional yang melakukan tindakan kekerasan hingga membuatnya masuk penjara. Di penjara juga, dia bertemu dengan sahabat masa kecilnya yang sekarang berprofesi menjadi sipir. Di sinilah hari-hari Je Hyuk dimulai, yang awalnya dia sudah menyerah untuk kembali menjadi atlet karena cedera punggung yang terjadi di dalam penjara, hingga akhirnya dia menemukan hidden game yang membuatnya menjadi salah satu atlet yang ‘unik’. Di dalam penjara, Je Hyuk bertemu dengan berbagai jenis manusia ‘kriminal’ dengan berbagai kisah, ada yang lucu, menyeramkan, hingga penuh drama.

Kenapa drama ini layak ditonton lebih dari sekali?

Drama ini dibalut dengan banyak komedi yang tidak berlebihan ditambah efek-efek backsound yang membuat lambung tergelitik. Tipikal drama sutradara Shin Won Ho, tahu kan ya. Karyanya yang tidak diragukan lagi, seperti series Reply dan Hospital playlist, yang selalu meninggalkan cerita tersendiri bagi penontonnya. Tidak jauh berbeda dengan Prison Playbook, di drama korea ini juga banyak memberikan pelajaran dari kisah-kisah pemerannya.

Prison Playbook Haerong

Penggambaran kehidupan penjara dalam drama ini juga digambarkan dengan realistis. Bagaimana kebobrokan yang terjadi dalam penjara seperti praktik nepotisme dan intrik-intrik antar narapidana disajikan dengan baik. Pemilihan soundtracknya juga pas, hingga terngiang-ngiang di kepala.

Mungkin hal yang sering aku skip dari drama ini adalah kisah cinta Je Hyuk. Jujur aku tidak terlalu suka cerita romancenya, terlalu berlebihan menurutku. Walaupun kisahnya sederhana saja, seperti kisah romance adik-kakak pada umumnya.

3. Another Miss Oh 

Another Miss Oh

Drama korea ini pertama kali ditayangkan pada 2016, sudah cukup lama memang tapi tidak membuat ceritanya jadi ketinggalan zaman. Another Miss Oh bercerita tentang seorang perempuan yang bernama Oh Ha Young yang selalu mengalami nasib sial, suatu hari ketika hal terbaik di hidupnya akan terjadi malah menjadi kesialan lainnya. Tunangannya membatalkan pernikahan sehari sebelum hari pernikahannya. Tapi karena tidak mau malu akhirnya dialah yang mengaku sebagai orang yang membatalkan pernikahan, hingga Oh Ha Young dikira sebagai gadis bermasalah. Memasuki cerita inti, ternyata ada orang lain yang memiliki nama yang sama. Kesialan dalam hidupnya makin banyak hanya karena nama yang sama ini.

Kenapa drama ini layak ditonton lebih dari sekali? 

Another Miss Oh Eric Nam

Alur ceritanya yang tidak biasa membuat drama ini jadi menyenangkan, ditambah chemistry dari kedua pemeran utamanya juga tidak diragukan lagi, walaupun secara pribadi aku tidak begitu suka dengan aktor utamanya, Eric Nam. Kalau ditanya kenapa ga suka, ya sebel aja lihat mukanya  hahaha. Hal menarik lainnya dari drama ini adalah, profesi aktor utamanya yang sebagai sound editor atau pengarah suara film, menonton drama ini jadi bisa tahu ada profesi seperti itu dan bagaimana mereka bekerja. Banyak adegan lucu di dalamnya, banyak juga adegan yang relate dengan kehidupan sehari-hari, cerita second couple-nya juga cukup menarik untuk diikuti. Kalau onnie Seo Hyun-jin mah ga usah ragu lagi, da best! 

Kalau kekurangan dari drama ini tentu saja ada, karakter kedua pemeran utama yang terkadang egois bisa membuat kesal penonton. Hahaha, ini pendapat pribadi ya. Tapi, ketika dipikir ulang ya siapa sih yang tidak ingin bahagia? Tentunya kedua pemeran utamanya di sini juga ingin bahagia, walau harus egois terhadap kehidupan orang lain dan aktor utamanya yang terkadang lambat mengambil keputusan sampai penonton ikut kesal. 

4. Our Beloved Summer

Our Beloved Summer

Drama ini bercerita tentang dua orang sejoli, Choi Ung dan Ko Yeon Su, dan juga kisah cinta mereka yang belum usai. Pasangan yang masih saling suka tapi memutuskan untuk berpisah, lebih tepatnya Choi Ung diputuskan tanpa alasan yang jelas, lalu mereka dipertemukan kembali dalam suatu proyek bersama yang membuat mereka terus bertemu. Choi Ung dengan ‘dendam’nya yang belum usai dan Yeon su dengan masalah keluarganya yang ditanggung sendiri. 

Kenapa drama ini layak ditonton lebih dari sekali?

Selain kisah mereka berdua, juga ada kisah-kisah lain yang begitu menyentuh. Kisah seorang idol yang selalu kesepian, kisah seorang teman yang selalu menjadi penonton, hingga kisah setiap keluarga. Mereka punya masalah masing-masing yang tentunya tidak dirasakan oleh orang lain, mereka menanggung bebannya masing-masing. Jadi, benar kata orang-orang ‘Jangan merasa paling tersakiti, karena setiap orang punya masalahnya masing-masing.’

Kisah mereka penuh hal yang menyenangkan dan juga hal yang menyedihkan. Belum lagi cerita dibalut dengan prasangka masing-masing tanpa ada yang berani ngomong duluan, gengsinya besar banget pokoknya.  

Our Beloved Summer
Perpaduan dua pemeran utama dalam drama korea ini benar-benar pas. Ditambah dengan sinematografi yang seketika membuat jatuh cinta. Ya, ini hal pertama yang membuat saya tertarik untuk menonton drama ini, sampai ingin mengulang-ulangnya. Soundtrack-nya juga tidak kalah menggemaskannya. Pokoknya semua yang ada di drama ini begitu memanjakan mata, begitu menggemaskan. Apalagi karakter Choi Ung yang telah dinobatkan sebagai salah satu cowok green light yang sulit tertandingi, hhahahaa. Para netizen jadi berharap pengen punya yang seperti Choi Ung di dunia nyata, hahahaha. 

Kalau kurangnya apa ya?

Sampai sejauh ini sih belum dapat tapi kalau kalian ada masukan silahkan tulis di kolom komentar.


Nah, dari keempat drama di atas, adakah dari kalian para pembaca yang punya selera dan pendapat yang sama? Kalau menurut kalian misalnya, “Drama ini kok tidak jadi favorit? Padahal kan banyak yang suka?” Sebenarnya, saya memilih ke-4 drama ini tidak hanya karena alasan favorit, tapi ada yang jadi favorit tapi tidak ingin saya tonton lagi, misalnya Reply 1988. Drama ini bagus, cuma ga mau aku tonton lagi, kenapa? Karena aku Tim Jung Pal, hahahaha, tahu kan alasannya. Jadi cukup sekali, selesai. Nah, keempat drama ini yang aku mau nonton lebih dari sekali, alasannya juga sudah aku sebut di atas.

Kalau kalian drama apa yang ingin kalian tonton lagi, dan lagi?

You Might Also Like

0 comments