[Review] Belajar Cantik di Wardah Beauty House

7/10/2016

foto by: Andi Arifayani

Beberapa minggu yang lalu saya mengikuti beauty class untuk pertama kalinya. Saya pikir ini kesempatan emas buat belajar makeup secara gratis dan dipandu oleh orang yang profesional. Walaupun tidak ada pengalaman sama sekali dalam hal dandan mendandani, tanpa pikir panjang saya langsung mengiyakan ajakan kedua teman saya yang menginformasikan tentang beauty class ini.


Community Gathering ini diadakan oleh Wardah yang bekerjasama dengan blogger perempuan Anging Mammiri, yaitu Makkunrai Anging Mammiri atau biasa disingkat MAM. Kelas ini dihadiri beberapa blogger perempuan, kurang lebih ada sekitar 20 peserta, bertempat di Wardah Beauty House Makassar. Acaranya dimulai sekitar pukul 14.00 dan selesai sekitar pukul 16.00 WITA.



Acara dibuka dengan sambutan dari Business Distribution Center Wardah area Makassar, yang kebetulan saya lupa namanya, maaf ya mbak. Orangnya cantik dan mirip Raisa ^^. Setelah itu sambutan dari pihak MAM yang diwakili oleh Kak Kia.

Saat mengikuti kelas ini, ternyata ada banyak langkah-langkah yang harus dilalui sebelum tercipta wajah indah cantik berseri.

Membersihkan Wajah
Sebelum mengaplikasikan makeup, dilakukan pembersihan wajah dengan rangkaian pembersih terlebih dahulu. Ada tiga langkah untuk membersihkan, yaitu dengan facial wash, milk cleanser dan toner.
Mbak-mbak Wardahnya lagi tutorial makeup
Milk cleanser digunakan untuk mengangkat kotoran dari wajah supaya tidak menimbulkan komedo. Cara penggunaannya cukup letakkan milk cleanser pada lima titik utama wajah; dahi, kedua pipi, hidung, dan dagu. Lalu usapkan secara merata dengan gerakan memutar, tapi jangan terlalu lama mendiamkan milk cleanser pada wajah, nanti malah jerawatan. Kemudian dibersihkan dengan tisu. Saran dari mbak Wardahnya, lebih baik menghindari penggunaan kapas untuk membersihkan milk cleanser karena nantinya akan meninggalkan sisa-sisa kapas di wajah.
Kata mbak Wardahnya juga, hasil akan lebih maksimal jika dirangkaikan dengan facial wash. Berhubung keterbatasan waktu dan lain hal, makanya kami hanya menggunakan milk cleanser untuk membersihkan wajah. Setelah itu digunakan toner untuk menyegarkan pori-pori dan mengangkat sisa-sisa milk cleanser yang belum terangkat seutuhnya. Cara penggunaannya, cukup tuangkan toner pada kapas dan tepuk-tepuk kan pada wajah secara merata.

Riasan Wajah
Setelah membersihkan wajah, tahap selanjutnya adalah merias. Tidak banyak step yang dilakukan untuk mendapatkan kesan natural dalam bermakeup, cukup dengan aplikasi foundation dan powder.
Foundation digunakan sebagai dasar riasan untuk menyamarkan noda dan menghaluskan kulit. Cara penggunaannya dengan menuangkan secukupnya pada punggung tangan, lalu selesaikan aplikasinya per bagian wajah dan ratakan mengikuti arah bulu-bulu halus pada wajah. Penggunaan foundation bisa menggunakan jari, sponge atau brush, tapi hasilnya akan lebih merata saat menggunakan brush, begitu kata mbak Wardahnya.
Setiap kali menggunakan foundation, saya merasa berton-ton kotoran melekat di wajah. Makanya saya selalu risih menggunakan foundation, tapi saat mencoba Exclusive Liquid Foundation dari Wardah saya tidak merasakan hal-hal seperti yang sering saya alami. Lebih terasa ringan dan lembut di kulit. Mungkin sebaiknya saya mulai mengganti foundation.
Dan yang kedua adalah powder (Two Way Cake/Face Powder). Ada dua opsi yang digunakan untuk riasan akhir, face powder untuk riasan lebih natural dan TWC untuk menghasilkan riasan yang lebih cover dan matt. Si mbak Wardahnya memberikan tips untuk memilih TWC yang berada satu tingkat dari tone kulit asli, tujuannya meratakan warna kulit yang terdapat flek-flek hitam. Cara penggunaannya juga ada dua macam yaitu bisa dengan sponge ataupun brush. Kalau cara ini tidak ada aturan khusus dari mbak Wardahnya, tergantung merasa lebih nyaman dengan teknik yang mana.

Riasan Mata
Sebenarnya ada banyak macam riasan untuk mata, pertama ada eyeshadow yang berfungsi memberi dimensi untuk mata. Disarankan menggunakan warna dasar yang agak terang untuk kelopak mata lalu untuk bagian yang lebih atas menggunakan warna yang lebih gelap dan diaplikasikan pada setengah lingkaran mata dari sudutnya. Bingung? Saya juga.
Hal yang baru saya tahu ternyata eyeshadow juga bisa digunakan sebagai pengganti pensil alis. Cara pakainya, aplikasi-kan dengan kuas miring dan tarik dari pangkal alis sampai ujung alis. Penggunaan eyeshadow sebagai alis mata akan memberikan kesan yang lebih natural dibanding menggunakan pensil alis yang sebenarnya.
Riasan mata berikutnya adalah eyeliner. Saat beauty class yang digunakan adalah eyeliner cair. Tiga kali saya mencoba dan tiga kali pula saya gagal. bahkan kuasnya sempat mencolok mata saya. Karena melihat teman-teman lain sudah hampir selesai dengan tutorial makeupnya, akhirnya saya putuskan untuk menyerah menggunakan liquid eyeliner.
Walaupun hasil dari eyeliner cair lebih glossy dibanding eyeliner tipe lainnya, sebaiknya untuk pemula menggunakan jenis pensil atau gel, pengaplikasiaannya lebih mudah. Tips lain dari mbak Wardahnya buat pemula dalam menggunakan eyeliner adalah baiknya diaplikasikan dari arah tengah kelopak mata kemudian ditarik ke arah luar, lalu diselesaikan bagian lainnya.
Untuk eyeliner bawah mata bisa menggunakan eyeliner pensil. Cara pengaplikasiannya dengan membentuk sudut pada ujung garis mata bawah sampai ke tengah. Tidak usah dibuat sampai full kecuali ingin memberikan kesan spooky eyes.
Riasan mata yang lain adalah maskara. Fungsi utama maskara adalah untuk menebalkan, melentikkan dan membuat bulu mata tampak lebih panjang. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, gerakkan secara zig-zag dari pangkal ke ujung bulu mata secara perlahan agar tidak menggumpal pada bagian-bagian tertentu.

Shading
Satu hal lagi yang membuat saya sangat takjub dengan makeup adalah penggunaan shading. Shading ini bisa membuat hidung terlihat lebih “tinggi” tanpa perlu operasi. Membuat shading bisa menggunakan eyeshadow atau TWC yang warnahnya lebih gelap dari wajah. Cara pengaplikasiannya juga mudah cukup dengan mencocol eyeshadow dengan menggunakan jari telunjuk dan jempol lalu diusapkan mulai dari pangkal alis hingga ujung hidung, naik turun hingga warna merata. Bagian cuping hidung juga jangan lupa dishading dan untuk membuat warnanya lebih natural bisa dibubuhkan sedikit TWC.

Blush On
Blush On sendiri digunakan untuk membuat tampilan lebih fresh dan memberikan dimensi pada wajah. Cara penggunaanya adalah dengan brush, diaplikasikan dari daerah dekat pelipis atau mulai dari hairline ke arah tulang pipi dengan gerakan memutar.
Bingung? Ada cara yang lebih mudah, cukup dengan menarik senyum lebar lalu aplikasikan pada tulang pipi. Semakin mendekati pipi, warnanya sebaiknya agak disamarkan agar tidak nampak seperti orang sudah kena tonjok. Cara menyamarkannya bisa dengan membubuhkan sedikit TWC.

Lipstik
Sentuhan paling akhir adalah penggunakan lipstik pada bibir. Lipstik dapat memberikan kesan segar pada wajah walau tidak menggunakan makeup sekalipun. Sebaiknya gunakan lipstik dengan warna-warna cerah atau sesuai warna kulit dan fashion item yang sedang digunakan. Bisa juga mencampurkan dua sampai tiga macam warna dari lip palette agar hasilnya lebih ciamik.  

Saat Beauty Class, Wardah juga memberikan goodie bag yang berisi beberapa item, seperti:


      Wardah Beauty Class: Facial Treatment and Daily Make Up
Buku ini berisi panduan serta langkah-langkah untuk perawatan kulit harian dan mingguan bahkan teknik dasar penggunaan makeup juga ada.
      Product Catalog Wardah Inspiring Beauty #StartAGoodThing
Kalau ini isinya lebih pada ulasan produk Wardah, dari yang terlama hingga yang terbaru. Bahkan yang tidak pernah sekalipun saya tahu keberadaannya juga ada ulasannya di dalam katalog. Jadi, sangat membantu sebagai bahan referensi produk Wardah yang ingin dibeli.
      Wardah Lifestyle Journal
      Wardah Morning Essentials body moisturizer
      Wardah EyeXpert

     
     Wardah Nude Lipstick (04. Peach Caramel)
Lipstik ini adalah jenis lipstik terbaru dari Wardah. Tersedia 12 varian warna (6 warna coming soon) yang sangat cocok digunakan jika ingin tampil cantik tapi tetap terkesan natural. Lipstik ini juga cocok dipakai sehari-hari atau digunakan oleh anak kuliah yang tidak ingin terlihat menor saat ke kampus. Walaupun digunakan seharian, bibir tidak akan terasa kering karena lipstik ini mengandung jojoba oil, squalence, dan olive oil yang dapat menjaga kelembapan bibir. Juga teksturnya yang creamy menyatu ke dalam warna alami bibir.

Tidak sia-sia saya hadir dalam Beauty Class ini, ada banyak ilmu yang bisa saya dapatkan dan sebar luaskan. Saat ingin menghadiri undangan nikahan, saya tidak perlu risau lagi dengan hal-hal perdandanan dan tentunya saya bisa tampil lebih percaya diri.


Hadiah door prize :)
Terima kasih sudah membaca, maaf kalau informasinya kurang jelas atau tidak jelas sama sekali. Maklumlah saya baru belajar menggunakan kosmetik lengkap. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

2 comments

  1. love it, ulasannya mantap ko say ^^
    see u next event MAM ya :-*

    ReplyDelete
  2. Tulisan yang renyah untuk perempuan maupun pria seperti saya, jadi bisa tau bagaimana melihat perempuan dengan natural dan berlebihan, selain itu juga bisa memberi sedikit saran pengetahuan jika punya istri kelak, maunya si cowok melihat istrinya terlihat natural atau berlebihan.
    Bukannya istri berdandan tujuannya satu, ingin tampil istimewa di mata suaminya, supaya bisa beli alat make up lagi.. hehehe ^^

    ReplyDelete