Cantik Sehat, Mudik Aman dengan Cek KLIK

6/10/2018



Lebaran sebentar lagi nih, apa saja yang sudah kalian persiapkan? Kalau masalah baju dan makanan sepertinya sudah beres, ya? Pasti kita semua ingin menyambut Hari Raya Idul Fitri gak cuma dengan penampilan yang gitu-gitu aja kan, pastinya ingin terlihat waoow dihari yang fitri tersebut. Tapi, bukan berarti harus berlebih-lebihan ya, gaes.

Aku ingin cerita pengalaman saat mudik kemarin nih. Sepekan sebelum lebaran, aku memutuskan untuk pulang ke kampung halaman di Makassar. Saat ini memang aku sedang berdomisili di Bandung. Dan pasti tahulah ya keadaan cuaca di Indonesia Timur sana. Suhunya kadang bisa mencapai lebih dari 30oC. Coba bandingin dengan suhu di Bandung yang adem-ayem dan kadang dingin-dingin sembriwing. Pasti bisa ngebedain banget.

Nah, setiap pulang ke Makassar, aku harus menyiapkan peralatan perang untuk menjaga kulitku tetap lembab dan sehat. Iya, karena suhu di Makassar yang lebih tinggi dibandingkan di Bandung, sehingga membuat kulitku mudah kering dan memerah karena kepanasan, terkadang juga sampai timbul jerawat-jerawat kecil. Kulitku memang agak sensitif sih. Ditambah perjalanan yang tidak sebentar karena harus menempuh perjalan dari Bandung ke Jakarta dulu, lalu akhirnya ke bandara. Selama perjalanan tersebut, aku harus memastikan kosmetika yang aku gunakan dalam keadaan baik. So, tidak menyebabkan rasa tidak nyaman selama perjalanan ke kampung halaman.

Dalam membeli kosmetik juga aku gak mau asal beli. Hanya karena melihat banyak testimoni di internet dan iklan-iklan yang menjanjikan kulit jadi putih dalam waktu singkat tidak membuatku gampang tergoda untuk membeli kosmetika secara online. Satu prinsip yang selalu aku pegang saat ingin membeli kosmetika adalah terjamin keAMANannya. Kenapa? 

Karena kunci awal mendapatkan kulit yang sehat adalah bermula dari menggunakan kosmetika yang aman.

Memilih kosmetika yang aman itu memang gak mudah apalagi kosmetika yang dibeli via online, tetapi bukan berarti sulit juga kok, gaes. Sekarang tuh sudah ada panduan yang jelas dari Badan POM untuk memudahkan kita dalam memilih produk kosmetika yang aman.

Bagaimana caranya? Cek Infografis di bawah ini.


Mudah kan?

Kita disarankan untuk selalu cek KLIK sebelum membeli produk-produk kosmetika.

Apa itu cek KLIK? Ingat selalu untuk cek...

KEMASAN
Sebelum membeli, perhatikan selalu kemasan kosmetika tersebut. Kita harus memastikan bahwa kemasannya utuh dan tidak rusak. Konsistensi produknya juga dalam keadaan baik, tidak ada bercak kotoran, penanda kosmetika dalam keadaan baik dan tidak terlepas atau luntur sehingga informasinya dapat terbaca dengan baik.



Kemasan kosmetika dalam keadaan baik

LABEL
Kita harus membiasakan untuk membaca label sebelum memutuskan membeli produk kosmetika. Baca dan perhatikan dengan baik label yang tercantum. Dari label kita bisa mengetahui kandungan kosmetika tersebut, dari label juga kita melihat fungsi dan kegunaannya serta dari label pula kita tahu jaminan mutu dari kosmetika tersebut. Sehingga kita harus memastikan label produk kosmetika keadaan baik untuk dibaca.


Informasi yang harus ada pada label
Tidak memiliki informasi terkait Izin Edar dan Tanggal Kedaluarsa


IZIN EDAR
Dengan mengecek izin edar dari suatu produk kosmetika akan memudahkan kita dalam memilih kosmetika yang aman. Selalu pilih kosmetika yang telah memiliki izin edar dari Badan POM. Izin edar ini bisa kita temui pada label produk. Biasanya nomor notifikasi ditandai dengan kode N diikuti 1 huruf dan 11 digit angka. Contoh: NA 18140400426. Kode ini biasanya berada pada posisi belakang atau bagian bawah produk kosmetika.

Walaupun merupakan kosmetik impor, tapi telah memiliki Nomor Izin Edar 
Kosmetik impor yang tidak memiliki Izin Edar dan label berbahasa asing

KEDALUARSA
Penting untuk selalu mengecek tanggal kedaluarsa dari produk kosmetika yang digunakan. Tidak hanya ketika ingin membeli tetapi juga untuk kosmetika-kosmetika yang telah lama digunakan. Kosmetika-kosmetika yang telah melewati tanggal kedaluarsa berarti sudah tidak aman lagi untuk digunakan. Akan ada efek samping yang dihasilkan dan juga bisa berbahaya bagi tubuh.

Tanggal kedaluarsa biasanya tercantum pada label dan hanya menyertakan bulan serta tahun saja. Misalnya, Exp Date: AUG 2022 (maksudnya Agustus 2022) atau EXP0421 (maksudnya April 2021) tetapi, ada juga yang mencantumkan lengkap beserta tanggalnya, misalnya EXP 131120 (Tanggal 13 Nopember 2020).

Posisi dan letak tanggal kedaluarsa


Perhatikan tanggal kedaluarsa saat membeli dan selama penggunaan
Fungsi cek KLIK tuh, untuk apa?

Tentunya untuk memastikan produk-produk yang kita pakai di wajah dan tubuh adalah produk yang aman. Tidak mau kan mendapatkan penampilan yang tidak maksimal di Hari Raya hanya karena menggunakan produk kecantikan yang asal-asalan dan tidak jelas produksi serta bahan kandungannya. Apalagi sekarang marak beredar kosmetika-kosmetika yang mengandung bahan berbahaya seperti Merkuri, Hidrokuinon, Asam Retinoat, Pewarna K1, Rhodamin (K10), dsb. Efek sampingnya pun bisa merusak penampilan, baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Kita juga harus waspada jika ingin membeli kosmetika via online, terutama produk-produk impor. Kenapa? Kosmetika-kosmetika tersebut tidak terjamin keamanan, manfaat dan mutunya. Karena tidak terdapat Nomor Izin Edar dan informasi label yang disampaikan juga dalam bahasa asing sehingga mempersulit kita untuk mengetahui kandungan dalam sediaan tersebut.

Tapi, bukan berarti semua produk impor itu berbahaya ya. Karena juga terdapat beberapa sediaan yang telah mendapat izin resmi untuk beredar di Indonesia. Biasanya sediaan ini ditandai dengan adanya informasi berbahasa Indonesia dan Nomor Izin Edar pada label serta tercantum produsen dan distributor resminya.

Eh, sudah tahu belum yang termasuk kosmetika itu apa aja?

Jadi, kosmetika itu tidak hanya berupa produk-produk untuk riasan wajah saja, tetapi juga termasuk sediaan-sediaan seperti sabun mandi, sampo, parfum, produk perawatan gigi dan mulut, pembersih dan penyegar wajah, produk perawatan rambut, produk perawatan kuku, produk untuk organ intim bagian luar, dsb. Dan pastikan, ketika kita ingin membeli produk-produk tersebut selalu cek KLIK. Jika merasa kesusahan untuk mengakses website resminya, kalian bisa mengecek Nomor Izin Edar produk kosmetika yang akan dibeli melalui Aplikasi Cek BPOM yang bisa di-download di Google Play Store untuk memastikan produk yang dibeli aman.






Selain itu, jika kita ingin menyampaikan informasi dan permasalahan terkait Obat dan Makanan serta Kosmetika silahkan hubungi @halobpom1500533_ via instagram atau mengunjungi website resmi BPOM di www.pom.go.id. Bisa juga menghubungi contact center BPOM (halobpom 1500533) dan sosial medianya di:

Facebook @bpom.official
Twitter @bpom_ri
Instagram @bpom_ri

Walau sedang berpuasa jangan pernah lupa untuk merawat kulit ya, dan pastikan kosmetika yang kita beli dan pakai selalu dalam keadaan aman untuk digunakan.

Kalau sudah cek KLIK saat membeli kosmetika berarti tidak perlu risau lagi untuk bisa mendapatkan kulit sehat saat lebaran nanti. See ya…kulit sehat berseri in lebaran.


#panganamanmudik 
#cekklikbpom
#kosmetikamanmudik


You Might Also Like

1 comments